Wednesday, October 18, 2006

Ngedapetin Lailatul Qodhar

Tadi pagi ane abis ngeributin tentang turunnye lailatul Qodar ame temen-temen. Sehingge ade sedikit perdebatan masale turunnye kapan. Kalu nyang atu ngerasa malem ke 25, kerne tande2nye seperti nyang dihadist nab. Ade juge nyang bilang malem ke 27, dan laen sebageinye.
Emang perkare malem ini datengnye kapan, buat ane sik ude jadi rahasienye Alloh Subhane wata'ale. Dan ape dulu ame sekarang tandenye same entu juge emang ude dari kehendaknye Nyang Maha Kuase aje. nyang penting pan ape kite siap pade tiap-tiap malem entu untu ngedapetin malem. Artinye siap pas ketemu tu malem kite lagi bediri sholat, duduk jikir atawe malahan lagi ketiduran ame indehoy ame bini sambil pelukan. Lha, kalu enti nyang satu ngerasa dan yakin golagokin dapetnye malem ke 25 trus nyang satu ngerase malem ke 21 dan nyang laennye ada nyang yakin malem ke 27 jadi mane nyang bener ???
Ade satu tulisan nyang lumayan ane dapetin dari milis sebelah nyang isinye pegimane menyongsong malem Qodar tersebut. jadi bukan dari nentui kapan datengnye.. seperti dari tulisan Bang Denny Hendratta di :
nyang coba ane ambil :
PANDUAN MENGGAPAI LAILATUL QODAR
Sesudah disyariatkannya ibadah shaum, dan agar umat Islam dapat merealisasikan nilai taqwa, Allah SWT melengkapi nikmat-Nya dengan memberikan adanya “Lailat al qodr”. Allah berfirman : ” Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada ” Lailat al qodr”. Tahukah kalian apakah ” Lailat al qodr” ?. Itulah malam yang lebih utama dari pada seribu bulan” (QS. Al Qodr : 1-3)

Keutamaan Lailat al Qodr

Ayat yang dikutip di atas jelas menunjukkan nilai utama dari ” Lailat al qodr”. Mengomentari ayat di atas Anas bin Malik ra menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan keutamaan disitu adalah bahwa amal ibadah seperti shalat, tilawah al-Qur’an, dan dzikir serta amal sosial (seperti shodaqoh dana zakat), yang dilakukan pada malam itu lebih baik dibandingkan amal serupa selama seribu bulan (tentu di luar malam lailat al qodr sendiri). Dalam riwayat lain Anas bin Malik juga menyampaikan keterangan Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya Allah mengkaruniakan ” Lailat al qodr” untuk umatku, dan tidak memberikannya kepada umat-umat sebelumnya.

Sementara berkenaan dengan ayat 4 surat al qodr, Abdullah bin Abbas ra menyampaikan sabda Rasulullah bahwa pada saat terjadinya lailat al qodr, para malaikat turun kebumi menghampiri hamba-hamba Allah yang sedang qiyam al lail, atau melakukan dzikir, para malaikat mengucapkan salam kepada mereka. Pada malam itu pintu-pintu langit dibuka, dan Allah menerima taubat dari para hambaNya yang bertaubat. Dalam riwayat Abu Hurairah ra, seperti dilaporkan oleh Bukhori, Muslim dan al Baihaqi, Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan , “barangsiapa melakukan qiyam ( shalat malam) pada lailat al qodr, atas dasar iman serta semata-mata mencari keridloan Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukannya”. Demikian banyaknya keutamaan lailat al qodr, sehingga Ibnu Abi Syaibah pernah menyampaikan ungkapan al Hasan al Bashri, katanya : ” Saya tidak pernah tahu adanya hari atau malam yang lebih utama dari malam yang lainnya, kecuali ‘ Lailat al qodr’, karena lailat al qodr lebih utama dari (amalan) seribu bulan”.

Hukum “Menggapai” Lailat al Qodr.

Memperhatikan pada arahan (taujih) Rasulullah SAW, serta contoh yang beliau tampilkan dalam upaya “menggapai” lailat al qodr, dalam hal ini misalnya Umar pernah menyampaikan sabda Rasulullah SAW : ” Barangsiapa mencari lailat al qodr, hendaknya ia mencarinya pada malam kedua puluh tujuh” (HR. Ahmad). Maka para ulama’ berkesimpulan bahwa berupaya menggapai lailat al qodr hukumnya sunnah. IV. Kapankah terjadinya Lailat al Qodr Sesuai dengan firman Allah pada awal surat Al Qodr, serta pada ayat 185 surat Al Baqoroh, dan hadits Rasulullah SAW. Maka para ulama’ bersepakat bahwa ” Lailat al qodr” terjadi pada malam bulan Ramadhan. Bahkan seperti diriwayatkan oleh Ibnu Umar, Abu Dzar, dan Abu Hurairah, lailat al qodr bukannya sekali terjadi pada masa Rasulullah SAW saja, malainkan ia terus berlangsung pada setiap bulan Ramadhan untuk mashlahat umat Muhammad, sampai terjadinya hari qiyamat. Adapun tentang penentuan kapan persis terjadinya lailat al qodr, para ulama berbeda pendapat disebabkan beragamnya informasi hadits Rasulullah, serta pemahaman para shahabat tentang hal tersebut.

Sebagaimana tersebut dibawah ini :
1.. Lailat al qodr terjadi pada malam 17 Ramadhan, malam diturunkannya Al Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Zaid bin Arqom, dan Abdullah bin Zubair ra. (HR. Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan Bukhori dalam tarikh).
2.. Lailat al qodr terjadi pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Diriwayatkan oleh Aisyah dari sabda Rasululah SAW: “Carilah lailat al qodr pada malam-malam ganjil disepuluh hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhori, Muslim dan Baihaqi)
3.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 21 Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Abi Said al Khudri yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.
4.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 23 bulan Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Abdullah bin Unais al Juhany, seperti dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim.
5.. Lailat al qodr terjadi pada malam tanggal 27 bulan Ramadhan, berdasarkan hadits riwayat Ibnu Umar, seperti dikutip oleh Ahmad. Dan seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, bahwa Umar bin al Khoththob, Hudzaifah serta sekumpulan besar shahabat, yakin bahwa lailat al qodr terjadi pada malam 27 bulan Ramadhan. Rasulullah SAW seperti diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, juga pernah menyampaikan kepada shahabat yang telah tua dan lemah tak mampu qiyam berlama-lama dan meminta nasehat kepada beliau kapan ia bisa mendapatkan lailat al qodr, Rasulullah SAW kemudian menasehati agar ia mencarinya pada malam ke 27 bulan Ramadhan (HR. Thabroni dan Baihaqi).
6.. Seperti difahami dari riwayat Ibnu Umar dan Abi Bakrah yang dilaporkan oleh Bukhori dan Muslim, terjadinya lailat al qodr mungkin berpindah-pindah pada malam-malam ganjil sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Sesuai dengan informasi terakhir ini, dan karena langka dan pentingnya lailat al qodr, maka selayaknya setiap muslim berupaya selalu mendapatkan lailat al qodr pada sepanjang sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Tanda-tanda terjadinya Lailat al qodr
Seperti diriwayatkan Oleh Imam Muslim, Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: ” Pada saat terjadinya lailat al qodr itu, malam terasa jernih, terang, tenang, cuaca sejuk tidak terasa panas tidak juga dingin. Dan pada pagi harinya matahari terbit dengan jernih terang benderang tanpa tertutup sesuatu awan”.

Apa yang perlu dilakukan pada lailat al qodr dan agar dapat menggapai lailat al qodr
1.. Lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari itu. Dalam peribadatan ini juga dengan mengikutsertakan keluarga. Hal itulah yang dahulu dicontohkan Rasulullah SAW.
2.. Melakukan i’tikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.
3.. Melakukan qiyamu al lail berjama’ah, sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.
4.. Memperbanyak do’a memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah dengan lafal : “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibul afwa fa’fu ‘anni”. Hal inilah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah ra ketika beliau bertanya : ‘ wahai Rasulullah, bila aku ketahui kedatangan lailat al qodr, apa yang mesti aku ucapkan”? (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Menggapai ” Lailat al qodr” bagi MuslimahSebagaimana tersirat dari dialog Rasulullah SAW dengan Aisyah, istri beliau itu, maka mudah disimpulkan bahwa kaum muslimah-pun disyari’atkan dan diperbolehkan menggapai lailat al qodr . Dengan melakukan maksimalisasi ibadah yang memang diperbolehkan untuk dilakukan seorang muslimah. VIII. Khotimah Demikian panduan ringkas ini, mudah-mudahan pada bulan Ramadhan tahun ini Allah memperkenankan kita meraih ” Lailat al qodr”, malam yang utama dari 1000 bulan alias 83 tahun itu.
Nah, dari kutipan nyang ane dapetin ini pegimane carenye buat ngedapetinye ? ye tunggu aje tiap malemnye. kalu masalah ape paginye seperti tande2 seperti nyang disebut dalam hadist Rosululloh SAW kite kembaliin lagi aje ame nyang nyiptain diri kite. Die nyang Kuase Diye nyang berkehendak kapan mau datengnye.
"Innama Amruhi Idza aroda" (Yaasiin ; 82)
TABEK

Tuesday, October 17, 2006

Lebarane Bede.. Asal Pade Akur Aje

Lebaran tinggal satu mengguan lagi. Tapi, ane bace berite di koran-koran dari jauh-jauh ari ude dibilangin kalu berdasarkan peritungan penentuan tanggal lebaran ude terjadi perbedaan penentuan tanggal lebaran antare Muhammadiye ame Nahdatul Ulama. Emang due organisasi enile nyang paling utame dalem nentuin tanggal lebaran sejak dari dulu. Prinsipe Muhammadiye pake penentuan ahli hisab kalu NU pake hilal atawe ngeliat bulan. Akibatnye tentunye ampir mau tiap taon ade aje perbedaannya kalu kagak awalnye puase ye awal lebarannye. Emang kalu ude prinsip orang jadi 'keukeuh' ame ape nyang di pegangnye. Kalu buat ane sih nyang penting enak aje. Nyang penting jangan pade berantem maen jelek-jelekin.
Jadi inget sewaktu ane kecil dulu. Masale khilafiyah aje nih orang nyang merase sebage bagian dari organisasinye ribut abis. Bahkan bisa dibilang ampe puncaknye jadi pade bemusuan antare orang2 dari organisasi eni. Kadang cuman masale ibadah nyang sipatnye antare diye ame nyang nyiptain aje jiye pade tuding-tudingan. Contonye masale jumlah sembahyang terawe aje dulu ude pade maen kate-katean. Nyang atu bilang sembahyange ngepot-le nyang satu dibilang sembahyang aje pelit, zikiran buat Allah aje medit jumlahnye pake dibatesin, orang mati le pake disedekahin yang ujung-ujungnge jadi tambah pusing buat orang yang mau tauk islam kok nape jadi pade gontok-gontokan gini.
Tapi, alhamdulille sekarang sepertinye masayarakat ame pemimpine udeh mulain sadar kali. Sebenernye perbedaan itu ade hikmahnye. Nyang penting masing satu igame. Masalah ibade entu urusan diri masing-masing asal ade prinsipnye. Diperdebatin dari taon jebot ampe sekarang juga kagak perne ade abis-abisnye. Emang Nabi Muhammad SAW aje bilang bakalan ade 73 aliran atawe firkoh. Mangke "Fastabikhul Khoirot" atawe berlombe-lombe dalem kebaekan dan mencari pahale itu nyang kudu jadi patokannye. Masalah pegimane carenye pan ude dibilang ame junjungan kite semuenye kerne niatnye. Alloh itu pegimane kite nganggep-Nye.
Weit jadi berbau igame neh. Sorry kagak pape deh mpung2 masing bulang puase. Sekali-kali ngeluarin nyang baek2 kagak pape kan ?